Posted by M. Riskiyanto
CHAPTER 1
HABIT & GENERAL TRUTH: SIMPLE PRESENT TENSE
(KEBIASAAN & KEBENARAN UMUM)

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : VIII (DELAPAN)
Semester : 2 / Genap
Kompetensi Dasar :
3.7 menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/ terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple present tense).
4.7 menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/ terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
A. Simple Present Tense
1. Pengertian Simple Present Tense
Tenses adalah bentuk waktu yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan waktu, tenses dibagi menjadi 3 waktu: 1) Sekarang (Present), 2) Dulu(Past), 3) Akan datang (Future). Secara harfiah, kata simple berarti sederhana, sedangkan present adalah sekarang atau saat ini. Dapat disimpulkan bahwa Simple Present adalah tenses (pola kalimat) yang digunakan untuk menceritakan waktu sekarang atau saat ini dalam bentuk sederhana.
Simple Present Tensemerupakan bentuk pola waktu yang berfungsi untuk menyatakan: 1) kebiasaan, kebenaran umum, sesuatu yang sudah terjadwal, kecakapan seseorang, kalimat perintah; 2) penulisan judul berita utama di koran/surat kabar; 3) kejadian yang berurutan atau kejadian yang selesai dan diikuti kejadian yang lain pada saat berbicara.
Simple present tense ditandai dengan penggunaan auxiliary verb (kata kerja bantu), yaitu be(is, am, are), dan do/does; serta verb (kata kerja), yaitu base form (Verb-1) atau Verb-s/es. Contoh:
§ My father thinks that a cat is a good pet. (Ayahku beranggapan bahwa kucing adalah peliharaan yang baik)
§ He doesn't play football anymore, since his legs hurts badly. (Dia tidak bermain sepak bola lagi semenjak kakinya sakit banget)
§ Don you want to play with me? (Apakah kamu ingin bermain denganku?)
§ Mrs. Desi says that Selena's voice is very beautiful. (Ibu desi berkata bahwa suaranya selena bagus sekali)
§ Mr. Jokowi is the 7th president of Indonesia. (Bapak Jokowi adalah presiden ke-7 Indonesia)
2. Rumus Simple Present Tense
Berdasarkan bentuk kalimatnya, rumus Simple Present Tense dibedakan menjadi 2, yaitu:
a. Bentuk Kalimat Nominal “be (is, am, are) + ANA”
Kalimat Nominal merupakan kalimat yang diikuti oleh Complement, yaitu Adjective (kata sifat), Noun (kata benda), atau Adverb (kata keterangan). Complement tersebut seringkali disingkat dengan “3C” atau “ANA”.
b. Bentuk Kalimat Verbal “Verb-1/Verb-s/es”
Kalimat Verbal merupakan kalimat yang diikuti oleh verb (kata kerja). Dalam simple present tense, Verb-1 atau base form diperuntukkan subjek, seperti I, You, They, We, Plural Subject(Subjek jamak: 2 orang/benda atau lebih); sedangkan Verb-s/es diperuntukkan subjek, seperti He, She, it, Singular Subjek (Subjek tunggal: 1 orang/benda).
Bentuk Nominal | Bentuk Verbal |
+) S + is/ am/ are + 3C | +) S + Verb-1/ Verb-s/es + O |
-) S + is/ am/ are + not + 3C | -) S + do/does not + Verb-1 + O |
?) Is/ am/ are + S+ 3C? | ?) Do/does + S + Verb-1 + O? |
Example: +) My sister is cute. (Saudariku lucu) -) Shania is not a doctor. (Shania bukan seorang dokter) ?) Are you in the library? (Apakah kamu di perpustakaan?) Answer: Yes, I am atau No, I am not/ I’m not | Example: +) Mirna often sends a letter to me. (Mirna sering mengirimkan surat kepadaku) -) Chika and Chiki do not come to the class today. (Chika dan Chiki tidak masuk kelas hari ini). ?) Do they understand to Mr. Eric’s explanation? (Apakah mereka paham pada penjelasan Pak Eric?) Answer: Yes, They do atau No, They do not. |
*Keterangan:
§ Subjek “I” menggunakan to be am; diikuti Verb-1; Do.
§ Subjek “You, We, They, Plural Subjek (Subjek Jamak: 2 orang/benda atau lebih) menggunakan to be are; diikuti Verb-1; Do.
§ Subjek “He, she, it, Singular Subjek (Subjek tunggal: 1 orang/benda)” menggunakan to be is; diikuti Verb-s/es; Does.
§ Dalam kalimat negatif, auxiliary verb, yaitu be (is/am/are) atau do/does, dapat disingkat dengan “not”. Selain itu, dalam kalimat positif, be juga seringkali disingkat dengan Subjek. Misalnya:
Auxiliary Verb + not | Contraction |
Is + not | Isn’t |
Am + not | --- (I’m not) |
Are + not | Aren’t |
Do + not | Don’t |
Does + not | Doesn’t |
Subject + Auxiliary Verb | Contraction |
I + am | I’m |
You + are | You’re |
They + are | They’re |
We + are | We’re |
He + is | He’s |
She + is | She’s |
It + is | It’s |
*) Kadangkala kalian bisa menemukan be (is atau are) disingkat dengan Subjek yang berupa nama seseorang. Misalnya: Andy’s = Andy is, Mella’s = Mella is, dan lain-lain.
3. Adverb pada Simple Present Tense
Adverb (kata keterangan) yang biasa digunakan pada kalimat simple present tense, yaitu:
Adverb | Artinya |
Everyday | Setiap hari |
Every Morning | Setiap pagi |
Every night | Setiap malam |
Every Sunday | Setiap hari Minggu |
Every week | Setiap pekan |
On Monday | Pada hari Senin |
Sometimes | Kadang-kadang |
Always | Selalu |
Often | Sering |
Seldom | Jarang |
Usually/habitually | Biasanya |
Rarely | Jarang sekali |
Once a week | Seminggu sekali |
Three times a day | Tiga kali sehari |
4. Fungsi Simple Present Tense
Simple present tense memiliki beberapa fungsi atau digunakan ketika:
a. Untuk menceritakan suatu aktifitas yang dilakukan berulang-ulang (repeatedly), atau kebiasaan (habitually). Kita menggunakan kata keterangan (adverb of frequency) seperti always, usually, sometimes, rarely, never dan sebagainya, atau keterangan waktu (adverb of time) seperti every day, every week, twice a week , dan sebagainya. Contoh:
§ I always go to school every 7 o'clock
§ My mother cleans the bathroom every twice a week
§ I usually play football with my friends in the field.
§ Hendry never watches a movie in the cinema.
b. Untuk menjelaskan fenomena alam yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan atau geografi yang merupakan kebenaran fakta (general truth). Contoh:
§ The sun rises in the east.
§ Indonesia has a vast of tropical forest.
§ Water boils at 100 degress celcius.
§ The moon appears in the night.
c. Untuk menjelaskan segala sesuatu yang permanen, misalnya tempat tinggal, pekerjaan, kemampuan dan sebagainya. Contoh:
§ My uncle lives in Garut.
§ I work as a teacher.
§ We study at ITB, Bandung.
§ Kuta beach is one of the famous beaches to visit.
d. Untuk mengekpresikan opini, ide, persetujuan dan lain-lain dengan mengguunakan kata kerja statif (stative verbs) yaitu kata kerja yang tidak bisa dibentuk bentuk continuous (verb + ing). Kata-kata kerja itu adalah think, believe, understand dan sebagainya. Contoh:
§ I think he is a good boy.
§ She believes whatever I say.
§ They understand that racism is discriminating humans based on their race.
§ We love classical music.
5. Contoh Kalimat Simple Present Tense
Berikut ini beberapa contoh kalimat simple present tense yang berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari.
§ I always get up at 04.30 a.m. (Saya selalu bangun pukul 4 pagi)
§ My mother goes to the market every twice a week. (Ibuku pergi ke pasar dua kali dalam seminggu)
§ Gina goes by foot everyday to her school. (Gina pergi ke sekolah setiap harinya dengan berjalan kaki)
§ We are students of SMA Negeri 1 Bina Bakti. (Kita adalah siswa SMA Negeri 1 Bina Bakti)
§ He does not understand Mr. John’s explanation (Dia tidak paham pernjelasan Pak John)
§ Do you have a cat? (Apakah kamu punya seekor kucing?)
§ I swim every twice a month (Aku berenang dua kali dalam sebulan)
§ Does she enjoythe meal? (Apakah ia menikmati makanan itu?)
§ My mother loves to cook. (Ibuku suka memasak)
§ Her friends don’t come to her party. (Beberapa temanya tidak datang di pesta ulang tahunnya)
§ My aunt lives in Tasikmalaya. (Bibiku tinggal di Tasikmalaya)
6. Perubahan Verb (Kata Kerja)
Verb (Kata Kerja) dapat mengalami perubahan bentuk, seperti Verb-1, Verb-2, Verb-3, Verb-s/es, atau Verb-ing. Perubahan verb tersebut dipengaruhi oleh jenis tenses (pola waktu) yang digunakan. Perhatikan perubahan verb atau kata kerja berikut ini.
REGULAR VERB | Artinya | ||||
Verb-1 | Verb-2 | Verb-3 | Verb-s/es | Verb-Ing | |
Watch | Watched | Watched | Watches | Watching | Menonton |
Cook | Cooked | Cooked | Cooks | Cooking | Memasak |
Work | Worked | Worked | Works | Working | Bekerja |
Study | Studied | Studied | Studies | Studying | Belajar |
Listen | Listened | Listened | Listens | Listening | Mendengar |
Finish | Finished | Finished | Finishes | Finishing | Menyelesaikan |
Collect | Collected | Collected | Collects | Collecting | Mengumpulkan |
Type | Typed | Typed | Types | Typing | Mengetik |
Clean | Cleaned | Cleaned | Cleans | Cleaning | Membersihkan |
Ask | Asked | Asked | Asks | Asking | Bertanya |
Submit | Submited | Submited | Submits | Submitting | Mengumpulkan |
Request | Requested | Requested | Requests | Requesting | Meminta |
Help | Helped | Helped | Helps | Helping | Membantu |
Offer | Offered | Offered | Offers | Offering | Menawarkan |
Serve | Served | Served | Serves | Serving | Melayani |
Remind | Reminded | Reminded | Reminds | Reminding | Mengingatkan |
IRREGULAR VERB | Artinya | ||||
Verb-1 | Verb-2 | Verb-3 | Verb-s/es | Verb-Ing | |
Get | Got | Got | Gets | Getting | Mendapatkan |
Eat | Ate | Eaten | Eats | Eating | Makan |
Have | Had | Had | Has | Having | Memiliki |
Take | Took | Taken | Takes | Taking | Mengambil |
Put | Put | Put | Puts | Putting | Meletakkan |
Read | Read | Read | Reads | Reading | Membaca |
Hear | Heard | Heard | Hears | Hearing | Mendengar |
Write | Wrote | Written | Writes | Writing | Menulis |
Sleep | Slept | Slept | Sleeps | Sleeping | Tidur |
Speak | Spoke | Spoken | Speaks | Speaking | Berbicara |
Say | Said | Said | Says | Saying | Mengatakan |
Tell | Told | Told | Tells | Telling | Menceritakan |
Sell | Sold | Sold | Sells | Selling | Menjual |
Buy | Bought | Bought | Buys | Buying | Membeli |
Teach | Taught | Taught | Teaches | Teaching | Mengajar |
Drink | Drank | Drunk | Drinks | Drinking | Minum |
Do | Did | Doone | Does | Doing | Melakukan |
Sweep | Swept | Swept | Sweeps | Sweeping | Menyapu |
Understand | Understood | Understood | Understands | Understanding | Memahami |
Think | Thought | Thought | Thinks | Thinking | Berpikir |
Lihat juga: Vocabulary List of Verb Formation (Verb-1, Verb-2, Verb-3, Verb-s/es, & Verb-ing)
Catatan:
§ Perubahan Verb-1 menjadi Verb-2 & Verb-3 dapat dikategorikan menjadi 2, yaitu Regular Verb atau kata kerja beraturan (umumnya berakhiran –d/ed) ataupun Irregular Verb atau kata kerja tidak beraturan (umumnya perubahan Verb-1 berbentuk berbeda atau sama dengan Verb-2 & Verb-3);
§ Verb-1 disebut juga base form karena merupakan bentuk dasar verb (kata kerja); Verb-2 disebut simple past karena digunakan pada simple past tense; Verb-3 disebut past participle umumnya digunakan pada perfect tense; Verb-s/es digunakan pada simple present tense, dan Verb-ing disebut present participle umumnya digunakan pada continuous tense.
See also:
1. Kinds of Tense: Present Tense
8. Auxiliary Verb: Primary & Modal Auxiliary Verb
9. Vocabulary List of Verb Formation (Verb-1, Verb-2, Verb-3, Verb-s/es, & Verb-ing)
References:
1.https://www.jagoanbahasainggris.com/2017/04/materi-dan-soal-exercise-bahasa-inggris-simple-present-tense.html accessed on 22nd December 2020
Demikian tadi sekilas penjelasan Materi Bahasa Inggris Kelas VIII Semester 2 terkait “Simple Present Tense”. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru bagi kita dalam belajar bahasa Inggris. Terima kasih...